Jakarta, 30 Desember 2023 – PT Akses Pelabuhan Indonesia atau API merupakan Anak Perusahaan dari PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), telah melakukan upaya penataan arsip untuk tercapainya pengelolaan arsip yang baik bekerjasama dengan Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kegiatan penataan arsip API telah dilaksanakan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama antara PT API dan Pusat Jasa Kearsipan ANRI Nomor MK.01/10/11/1/SDMU/KEUN/SLAP-23 dan Nomor KE.00/110/2023 tanggal 10 November 2023 tentang Penataan Arsip di PT Akses Pelabuhan Indonesia.

Dalam waktu 26 (dua puluh enam) hari kerja, penataan arsip dengan volume 26 meter linier berhasil diselesaikan dengan tepat waktu. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 14 November 2023 hingga 13 Desember 2023, oleh 3 (tiga) Pelaksana Penata Arsip dari ANRI.

Serah Terima Pekerjaan Penataan Arsip dihadiri oleh Juli Tarigan (Direktur Keuangan dan SDM API) sementara dari Pusat Jasa Kearsipan ANRI yaitu Ibu Sutiasni (Asparis Madya selaku Ketua Tim Jasa Sistem dan Penataan Arsip), Ibu Nurhayati (Asparis Muda), Ibu Laily Dzatinnuha (Asparis Mahir), Ibu Sri Juwita Kristiani (Pelaksana Penataan Arsip) dan Bapak Muhammad Brain (Pelaksana Penataan Arsip).

Kedepannya diharapkan seluruh insan API akan menjadi ‘sadar arsip’ dan memiliki pusat informasi yang bisa diandalkan untuk menjadi data pendukung atas pengambilan keputusan manajerial yang cepat dan tepat sasaran,” tegas Juli Tarigan optimis.

API sebagai pencipta arsip tentunya berkewajiban untuk menjaga dan menjamin keberadaan arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan bukti sah dari pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam tatanan sesuai pedoman kearsipan sehingga dapat terhindar dari kesulitan dan kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah yang mungkin timbul kelak di kemudian hari.